Sabtu, 29 Mei 2010

SEXTAN

1 . Pengertian
Dalam Navigasi Astronomi yang di maksud Sextant adalah : suatu instrumen yang digunakan untuk mengukur sudut antara dua benda yang terlihat. Penggunaan utamanya adalah untuk menentukan sudut antara benda langit dan cakrawala yang dikenal sebagai ketinggian. Membuat pengukuran ini dikenal sebagai objek pengamatan, pengambilan gambar objek, atau mengambil pemandangan yang menakjubkan. Sudut, dan waktu ketika diukur dapat digunakan untuk menghitung garis posisi pada grafik bahari atau aeronautika.


2 . Fungsi
Sebuah penggunaan umum dari sekstan ini adalah untuk melihat matahari di siang hari untuk menemukan lintang seseorang. Lihat langit navigasi untuk diskusi lebih lanjut. Sejak sextant dapat digunakan untuk mengukur sudut antara dua benda, dapat diselenggarakan secara horizontal untuk mengukur sudut antara dua landmark yang akan memungkinkan untuk perhitungan posisi pada tabel. sextant A juga dapat digunakan untuk mengukur jarak Lunar antara bulan dan benda langit lainnya (misalnya, bintang, planet) dalam rangka untuk menentukanwaktu
3 .Ukuran
Skala sextant memiliki panjang 1 / 6 dari sebuah lingkaran penuh (60 °); maka nama sextant's (sextāns,-Anti adalah kata Latin untuk "satu" keenam, "εξάντας" dalam bahasa Yunani). octant adalah perangkat serupa dengan skala yang lebih pendek (1 / 8 dari lingkaran, atau 45 °), sedangkan quintant (1 / 5, atau 72 °) dan kuadran (1 / 4, atau 90 °) memiliki sisik lagi.
4 . Keuntungan
Seperti Davis kuadran (juga disebut backstaff), sextant memungkinkan benda-benda angkasa akan diukur relatif terhadap cakrawala, bukan relatif terhadap instrumen. Hal ini memungkinkan presisi yang sangat baik. Namun, tidak seperti backstaff itu, sextant memungkinkan pengamatan langsung bintang. Hal ini mengijinkan penggunaan sextant di malam hari ketika backstaff adalah sulit untuk digunakan. Untuk pengamatan matahari, filter memungkinkan pengamataan langsung
Sejak pengukuran relatif terhadap cakrawala, pointer pengukuran adalah berkas cahaya yang sampai ke cakrawala. Pengukuran dengan demikian dibatasi oleh sudut akurasi instrumen dan bukan kesalahan sinus dari panjang alidade seorang, seperti di sebuah astrolabe pelaut atau instrumen serupa yang lebihtua.Cakrawala dan objek langit tetap stabil bila dilihat melalui sextant, bahkan ketika pengguna pada sebuah kapal bergerak. Hal ini terjadi karena sextant pandangan cakrawala (tak bergerak) langsung, dan tampilan objek angkasa melalui dua mirror yang menentang bahwa kurangi gerakan sextant dari refleksi. sextant ini tidak tergantung pada listrik (tidak seperti banyak bentuk navigasi modern) atau apa pun manusia yang dikontrol (seperti satelit GPS). Untuk alasan ini, itu dianggap sebagai sungguh praktis cadangan alat navigasi untukkapal
5 . Jenis-jenis Sextant
Sextants tradisional memiliki cermin setengah cakrawala. Ini terbagi bidang pandang dalam dua. Di satu sisi, ada pandangan cakrawala, di sisi lain, pandangan dari objek langit. Keuntungan dari jenis ini adalah bahwa baik dan obyek cakrawala langit yang cerah dan sejelas mungkin. Hal ini unggul di malam hari dan dalam kabut, ketika cakrawala bisa sulit untuk melihat.
Whole-cakrawala sextants menggunakan cakrawala setengah-perak cermin untuk memberikan pandangan penuh cakrawala. Hal ini akan memudahkan untuk melihat bila tungkai bawah yang menyentuh benda langit cakrawala. Karena sebagian besar pemandangan matahari atau blan.
Dalam kedua jenis, cermin besar memberikan bidang pandang yang lebih besar, dan akan membuat lebih mudah untuk menemukan benda surgawi. sextants modern sering ada 5 cm atau cermin yang lebih besar, sementara sextants abad ke-19 jarang punya cermin yang lebih besar dari 2,5 cm (satu inci). Dalam sebagian besar, hal ini karena presisi cermin datar telah berkembang lebih murah untuk memproduksi dan perak Buatan cakrawala yang berguna ketika cakrawala tak terlihat. Hal ini terjadi dalam kabut, pada malam-malam tak berbulan, dalam tenang, ketika peninjauan melalui jendela atau di atas tanah dikelilingi oleh pohon atau bangunan. sextants Profesional dapat mount cakrawala yang buatan di tempat perakitan cakrawala-mirror. Buatan cakrawala yang biasanya merupakan cermin bahwa tampilan sebuah t
Kebanyakan sextants mount listrik 1 atau 3 bermata satu untuk melihat. Banyak pengguna lebih memilih tabung pengamatan sederhana, yang memiliki yang lebih luas, lapangan terang melihat dan lebih mudah digunakan pada malam hari. Beberapa navigator mount cahaya-memperkuat bermata untuk membantu melihat garis horizon pada malam-malam tak berbulan. Yang lain lebih memilih untuk menggunakan cakrawala buatan menyala.
Sextants Profesional menggunakan klik-berhenti mengukur derajat dan penyesuaian cacing yang membaca untuk satu menit, 1 / 60 dari gelar. Kebanyakan sextants juga termasuk Vernier pada tombol cacing yang membaca sampai 0,2 menit. Sejak 1 menit dari kesalahan adalah sekitar satu mil laut, akurasi terbaik navigasi langit adalah sekitar 0,1 mil laut (200 m). Di laut, hasil dalam beberapa mil laut, baik dalam jangkauan visual, yang dapat diterima. Seorang navigator yang sangat terampil dan berpengalaman dapat menentukan posisi ke akurasi dari sekitar 0,25 mil laut (460 m).
Perubahan suhu dapat warp busur, menciptakan ketidakakuratan. Banyak kasus pembelian navigator cuaca sehingga sekstan mereka dapat ditempatkan di luar kabin datang ke kesetimbangan dengan suhu luar. yang seharusnya untuk menyamakan perbedaan sudut kesalahan akibat perubahan s uhu Gagang dipisahkan dari busur dan bingkai sehingga panas tubuh tidak warp frame. Sextants untuk digunakan tropis sering dicat putih untuk merefleksikan sinar matahari dan tetap relatif dingin. Sextants presisi tinggi memiliki sebuah invar (baja rendah ekspansi khusus) frame dan busur. Beberapa sextants ilmiah telah dibangun dari kuarsa atau keramik dengan ekspansi bahkan lebih rendah. Banyak sextants komersial menggunakan ekspansi rendah kuningan atau aluminium. Kuningan-ekspansi lebih rendah dari aluminium, tetapi sextants aluminium lebih ringan dan kurang melelahkan untuk digunakan. Ada yang mengatakan mereka lebih akurat karena tangan gemetar seseorang kurang .
Pesawat sextants sekarang keluar dari produksi, tetapi memiliki fitur khusus. Sebagian besar buatan cakrawala untuk memungkinkan mengambil melihat melalui jendela overhead flush. Beberapa juga memiliki averagers mekanik untuk membuat ratusan pengukuran per melihat kompensasi atas ercepatan acak di fluida cakrawala buatan itu. sextants pesawat yang lebih tua memiliki dua jalur visual, satu standar dan yang lainnya dirancang untuk digunakan dalam kokpit pesawat terbuka yang memungkinkan satu pandangan dari langsung di atas sextant di pangkuan seseorang. Lebih sextants pesawat modern periscopic dengan hanya proyeksi kecil di atas pesawat. Dengan ini, para navigator dihitung pra-pandangan dan kemudian mencatat perbedaan yang diamati diperkirakan versus tinggi badan untuk menentukan posisinya.
Setelah pemandangan diambil, itu direduksi menjadi posisi dengan mengikuti salah satu dari beberapa prosedur matematika. Penurunan terlihat paling sederhana adalah dengan menggambar lingkaran sama-elevasi dari objek langit terlihat pada bola dunia. Perpotongan lingkaran dengan lagu mati- perhitungan, atau penampakan lain memberikan lokasi yang lebih tepat.

6 . Perawatan
Sextant adalah instrumen yang lembut. Jika jatuh, busur itu mungkin tikungan. Setelah satu pernah terjatuh, akurasi adalah tersangka. Sertifikasi ulang mungkin dengan instrumen survey dan lapangan besar, atau dengan instrumen presisi optik. Perbaikan dari busur membungkuk umumnya tidak praktis. Banyak navigator menolak untuk berbagi sextants mereka, untuk memastikan bahwa integritas mereka dapat dilacak.
Sextants Sebagian besar datang dengan lanyard-leher; semua tapi termurah datang dengan suatu kasus. perawatan tradisional untuk diletakkan di leher lanyard sebelum menghapus sextant dari kasus, dan untuk selalu kasus sextant antara pemandangan. Sebuah sextant digunakan kurang suatu kasus sangat mungkin rusak.
Untuk menghindari kekhawatiran tentang busur dibengkokkan, navigator serius tradisional membeli sextants baru mereka. kebijaksanaan umum adalah bahwa sextant digunakan adalah mungkin bengkok. Bauer tidak setuju:
7 . Kesalahan Sextant
Ada empat kesalahan yang dapat disesuaikan dengan navigator dan mereka harus dihapus dalam urutan berikut :
Sifat tegak lurus kesalahan Ini terjadi ketika indeks cermin tidak tegak lurus terhadap rangka sextant itu. Untuk menguji ini, tempat lengan indeks pada sekitar 60 ° pada busur terus sextant secara horisontal dengan busur jauh dari Anda pada lengan panjang dan melihat ke dalam cermin indeks. Lengkungan sextant harus muncul untuk melanjutkan terputus ke cermin. Jika ada kesalahan maka dua pandangan akan tampak rusak. Sesuaikan cermin sampai refleksi dan melihat langsung dari busur tampaknya akan terus berlanjut.
Side kesalahan
Hal ini terjadi ketika cakrawala kaca / cermin tidak tegak lurus terhadap bidang instrumen. Untuk menguji ini, pertama nol lengan indeks kemudian mengamati bintang melalui sextant itu. Kemudian memutar sekrup garis singgung bolak-balik sehingga gambar tercermin lewat bergantian di atas dan di bawah tampilan langsung. Jika dalam mengubah dari satu posisi ke posisi lain tercermin lewat gambar langsung di atas gambar unreflected, tidak ada sisi kesalahan. Jika lolos ke satu sisi, ada sisi kesalahan. Pengguna dapat terus sextant pada sisinya dan amati cakrawala untuk memeriksa sextant di siang hari. Jika ada dua cakrawala ada sisi kesalahan; menyesuaikan cakrawala kaca / cermin sampai bintang bergabung menjadi satu gambar atau cakrawala digabung menjadi satu.
Ketika teleskop atau bermata tidak sejajar dengan bidang sextant itu. Untuk memeriksa ini, Anda perlu untuk mengamati dua bintang 90 ° atau lebih terpisah. Membawa dua bintang menjadi kebetulan baik ke kiri atau kanan bidang pandang. Pindahkan sextant sedikit sehingga bintang-bintang pindah ke sisi lain dari bidang pandang. Jika mereka terpisah ada kesalahan collimation. Hal ini terjadi ketika indeks dan cermin cakrawala yang tidak sejajar satu sama lain ketika indeks lengan diatur ke nol. Untuk menguji kesalahan indeks, indeks nol lengan dan amati cakrawala di atas menyesuaikan lain cermin indeks sampai menggabungkan dua cakrawala. Hal ini dapat dilakukan pada malam hari dengan bintang atau dengan bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar